Informasi contoh surat indonesia terkini

Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat

Surat tidak resmi adalah satu diantara jenis surat yang bertemperamen tidak formal. Contoh tembusan tidak resmi adalah surat untuk teman. Pada dasarnya, tembusan dibagi menjadi dua yaitu surat resmi dan gak resmi. Surat resmi punya ciri menggunakan bahasa yang formal, terdapat kop surat. Sedangkan ciri surat tidak resmi adalah kebalikannya, yakni memakai bahasa tidak formal atau bahasa daerah sehari - hari dan tidak ada penggunaan kop surat.
Surat tidak resmi memiliki fungsi untuk berkomunikasi antar orang secara terbuka. Bahasa yang digunakan pun tidak perlu menggunakan norma baku. Meskipun namanya merupakan surat tidak resmi, tembusan tidak resmi tetap memiliki bagian - bagian yaitu tempat tanggal penulisan tembusan, orang yang dituju, pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama pengirim. Secara surat tidak resmi, bisa menghubungkan orang yang ingin berkomunikasi dari tempat yang jauh. 

Berikut adalah contoh surat tidak resmi :

Yogyakarta, 25 April 2017

Untuk sahabatku Teguh
di Surabaya

Assalamu 'alaikum

Hai teguh , apa kabar ? Aku harap kamu sehat - sehat saja di sana. Sudah terlalu lama kiat tidak bertemu membuat aku sangat kangen terhadap kamu guh. Aku sangat senang bisa mengirim secupuk surat ini ke kepada mu.

Guh , bagaimana dengan pelajaran di sekolahmu ?  Katanya sekolahmu memiliki tingkat pelajar yang sangat susah ya ? Apakah kamu senantiasa mendapat nilai bagus di sana ? Aku berharap kamu mendapat nilai bagus dan menjadi anak berprestasi sekolah di sana. Oh ya setelah ini kan kita akan menghadapi UN , bagaimana dengan persiapanmu ? Apakah kamu mengikuti kursus tertentu untuk Ujian Nasional nanti ? 

Aku sebenarnya ingin ikut kursus namun aku belum tahu ingin ikut kursus di mana karena banyak kursus untuk persiapan Ujian Nasional yang baik. Aku menjadi bingung aku harus memilih yang mana. Kamu bagaimana ?

Oh ya Guh , dengar - dengar kamu 1 bulan lagi libur ya ? Apa kamu sudah merencanakan jadwal liburan? Kalau belum kamu bisa datang ke rumahku yah. Kita bisa bermain berbagai mainan dan melakukan banyak hal yang seru. Jika kamu bersedia kabari aku oke guh...

Sekian dulu ya surat dariku untuk dirimu. Hari sudah larut malam dan saatnya untuk tidur. Aku berharap kamu bisa membalasnya dengan cepat ya. Sampai jumpa lagi di lain waktu.

Wassalamu 'alaikum

Sahabatmu
< Tanda Tangan >
Fadli Zibran

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat

0 komentar:

Posting Komentar